Rabu, 27 Juni 2012

Dual Boot Windows 7 & Windows 8

Apakah Anda mau mencoba mencicipi bagaimana tampilan system operasi Windows 8 terbaru, tapi tidak mau menghapus atau membuang Windows lama Anda?. Kalau begitu buat saja dual boot dua OS windows dalam satu komputer. Dual boot antara Windows 7 dan Windows 8 dapat dibuat dengan langkah mudah. Windows 8 sendiri bila diinstall di partisi lain akan menambahkan boot loader yaitu semacam program yang akan menampilkan OS yang terpasang di komputer pada saat boot sehingga kita dapat memilih OS mana yang akan kita masuki.



Kali ini, kita akan mencoba membuat dual boot antara Windows 7 dan Windows 8. Jika saat ini Anda sudah memiliki Windows 7 di Laptop atau PC, Anda hanya perlu menginstal Windows 8 di partisi lain. Dengan begitu Anda sudah memiliki dua Windows dalam satu komputer.
Langkah pertama tentu saja install Windows 7 terlebih dahulu atau jika sudah ada, bisa dilanjutkan dengan membuat partisi khusus di harddisk untuk Windows 8 dengan kapasitas minimal 20-30 GB file system NTFS. Partisi bisa dibuat dengan bantuan program partisi manager seperti software Partition Magic atau software partisi harddisk lainnya.
Setelah membuat partisi atau drive khusus, langkah terakhir adalah menginstal Windows 8 bisa dari dvd atau flashdisk di partisi yang baru dibuat sebelumnya. Pada saat install Windows 8 pilihlah mode Custom install jangan Upgrade. Hal ini karena kita mau install Windows 8 dari awal di partisi yang berbeda dari partisi Windows 7.Untuk cara langkah-langkah install Windows 8 silahkan baca artikel Step by Step Install Windows 8 Release Preview. Perhatikan pada artikel tersebut, pada langkah ke 11 disitulah Anda menentukan di partisi mana Windows 8 akan diinstall. Tentu saja pilih partisi yang baru dibuat sebelumnya dengan program partisi manager.
Nah kalau berhasil, pada saat boot komputer dilayar akan menampilkan pilihan os Windows mana yang akan kita gunakan.


Dual Boot Windows

Kini Anda bisa memiliki dua system operasi Windows dalam satu komputer. Selamat mencoba semoga berhasil.